Newest Post

// Posted by :hendrik putra // On :Senin, 26 November 2012


  • 1. Menggunakan Sistem Operasi
  • 2. A. MELAKUKAN OPERASI DASAR PADA SISTEM OPERASI KOMPUTERPada proses awal booting, ROM BIOS akan melakukan pengetesan perangkat keras utama untuk mendeteksi bahwa kerja sistem-sistem utama berfungsi dengan baik. Sistem utama tersebut meliputi sistem ROM BIOS, sistem mikroprosesor, dan sistem board memory segmentation. Setelah itu, BIOS akan mencari ROM Video yang terdapat dalam card monitor. Setelah card monitor ditemukan, selanjutnya BIOS akan melakukan pengetasan checksum dan bila gagal akan memunculkan pesan error.Jika proses booting telah selesai, maka akan muncul desktop Windows dengan gambar wallpaper. Apabila sistem komputer telah terinstal driver sound card dan speaker telah diaktifkan, maka akan terdengar suara saat masuk ke sistem Windows. Jika komputer telah selesai digunakan, maka komputer harus dimatikan. Dengan menggunakan prosedur shut down.
  • 3. B. MELAKUKAN SETING PERIFERAL PADA SISTEM OPERASI KOMPUTERPemasangan peripheral hardware tambahan seperti printer. Monitor atau speaker memerlukan penyetingan peripheral untuk mendapatkan hasil yang baik. Penyetingan tersebut menggunakan folder control panel yang terdapat di folder setting.Cara masuk ke folder control panel :1. Klik Start 2. Pilih Setting 3. Klik Control Panel
  • 4. 1. Setting MonitorMonitor merupakan perangkat keras peripheral output yang berfungsi menampilkan hasil kerja dari komputer.Penyetingan monitor dapat dilakukan dengan mengklik 2x ikon display yang berada di folder control panel.Untuk menjaga kesehatan monitor, melauka setting screen saver akan aktif ketika anda tidak menggunakan komputer dalam waktu yang cukup lama selama komputer masih dalam kondisi hidup.Screen saver berfungsi untuk melindungi layar dari hantaman elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi akibat pengaruh dari medan magnet dan medan listrik di dalam tabung monitor, penyetingan screen saver dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
  • 5. Screen saver berfungsi untuk melindungi layar dari hantaman elektron yang bergerak dengan kecepatan tinggi akibat pengaruh dari medan magnet dan medan listrik di dalam tabung monitor, penyetingan screen saver dapat dilakukan dengan cara berikut ini.a. Klik menu screen saver pada kota dialog Display Properties.b. Pilih gambar screen saver.c. Tentukan berapa menit selang waktu yang ingin digunakan untuk memunculkan gambar screen saver.d. Klik tombol OK.
  • 6. Penyetingan monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor sehingga tampilannya lebih baik.Jumlah warna yang tersedia antara lain :a. 8 bit = 256 warnab. 16 bit (high colour) = 65.536 warnac. 24 bit (true colour) = 16.777.236 warnaSedangkan tampilan resolusi merupakan jumlah titik (pixel) yang ditembak elektron ke layar dalam bidang horisontal dan vertikal.Selain monitor juga ada perangkat lain yang digunakan untuk menunjang kualitas gambar, yaitu VGA Card (kartu grafis).
  • 7. 2. Setting PrinterSebelum menggunakan printer, biasanya dilakukan instalasi terhadap printer tersebut. Instalasi printer dilakukan dengan dua cara. Cara pertama dengan menggunakan file driver yang terdapat dalam sistem yang ditempatkan dalam folder control panel. Cara yang kedua dengan menggunakan file driver yang terdapat dalam CD yang telah disediakan produsen pembuat printer. Langkah-langkah melakukan seting printer antara lain sebagai berikut :a. Klik Start, pilih setting, klik Printers.b. Klik Next pada kota dialog Add Printer Wizard.c. Double Klik add Printer
  • 8. 3. Seting Sound CardSound card merupakan perangkat keras yang menghasilkan suara. Proses penginstalan sound card ada yang plug and play, artinya sound card kita pasang pada slot di motherboard dan kita hidupkan di komputer, maka sistem komputer akan mendeteksi dengan sendirinya atau harus di driver secara manual. Men-driver secara manual artinya kita harus mengisntal sound card dengan menggunakan CD. Langkah-langkah menginstal soundcard antar lain :a. Klik start, pilih settings, klik Control Panel.b. Double klik ikon Add New Hardwarec. Klik tombol Next pada kotak dialog Add New Hardware Wizardd. Pilih No pada kotak isian untuk memilih perangkat keras yang akan diinstal (Sound Card)e. Klik tombol Nextf. Pilih No, i want to select the hardware from a list untuk mencari hardware sesuai dengan yang dibutuhkan. Setelah itu, klik tombol next.g. Pilihlah tipe hardware yang diinginkan, dalam hal ini adalah memilih sound, video and game controllers. Setelah selesai, klik lagi tombol Next.h. Selanjutnya, pilihlah merek sound card yang sesuai. Setelah selesai memilih, klik Tombol Next.i. Setelah proses instalasi selesai, klik tombol Finish.
  • 9. C. MELAKUKAN MANAJEMEN FILEPenting bagi kita untuk mengatur file-file yang terdapat dalam komputer, yaitu dengan menggunakan file manager (manajemen file), kita dapat memanfaatkan sistem aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi Windows XP. Program tersebut dapat dijalankan dengan cara mengklik Start, pilih All Programs, pilih Accessories, kemudian klik Windows Explorer.1. Menggunakan File Manager untuk Mengatur File dan FolderKetika mengatur file-file yang terdapat pada Windows Explorer, kita bisa menggunakan mouse untuk men-drag (menarik) dan men-drop (meletakkan) ke folder yang telah dibuat. Cara melakukan manajemen file yang terdapat dalam komputer :
  • 10. a. Membuat folder Baru langkah-langkah membuat folder :1. Pilih folder dimana anda ingin membuat folder baru, yang sering disebut folder induk.2. Kemudian dari menu file, pilih New, kemudian pilih Folder.3. Ketikkan nama folder baru tersebut, lalu tekan enter.b. Menghapus Folder ataupun FileCara menghapus folder atau file yang telah dibuat adalah sebagai berikut :Klik folder ataupun file yang ingin dihapus.Klik tombol keyboard delete atau klik kanan mouse kemudian klik Delete sehingga muncul kotak dialog Confirm Folder Delete.Klik Yes untuk menghapus dan No untuk membatalkan perintah menghapus.c. Mengganti Nama Folder ataupun FileCara untuk mengubah nama folder ataupun file tersebut adalah :Klik folder ataupun file yang akan diganti namanya.Klik file kemudian klik Rename atau klik kanan kemudian klik Rename.Ganti nama folder lama dengan nama yang baru.d. Membatalkan Penghapusan Langkah untuk membatalkan penghapusan file atau folder adalah sebagai berikut :Pilih ikon Recycle Bin pada panel folder Kemudian pilih file atau folder yang dibatalkan penghapusanya.Selanjutnya, dari menu file pilih Restore atau dengan klik kanan kemudian pilih Restore.
  • 11. e. Recycle Bin Recycle bin digunakan untuk menampung secara sementara file atau folder yang sudah dihapus. Jika file ataupun folder yang sudah dihapus masih terdaftar di Recycle Bin, maka anda masih dapat mengembalikan file atau folder tersebut ke posisi semula.f. Membersihkan Recycle BinLangkah-langkah untuk membersihkan recycle bin antara lain :Pilih ikon Recycle Bin pada panel folder Selanjutnya, dari menu File pilih Empty Recycle Bin atau Klik kanan kemudian pilih Empty Recycle Bin.g. Menyalin File dari Harddisk ke Floppy DiskFloppy Disk yang biasa ditemukan di pasaran umumnya mempunyai kapasitas 1,44 MB dengan ukuran sebesar 3,5 inchi. Langkah-langkah penyalinan data dari harddisk ke floppy disk :Klik folder My DocumentsKlik kanan data yang akan dipindahkan ke floppy disk, pilih Send To, kemudian klik 3 ½ Floppy (A)Tunggu sampai proses selesai yang ditandai dengan berhentinya gambar animasi kertas yang berpindah dari folder satu ke folder lainnya.h. Menyalin File dari Floppy Disk ke HarddiskCara menyalin file dari Floppy Disk ke Harddisk hampir sama dengan cara menyalin file dari harddisk ke floppy disk. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah : Klik 3 ½ floppy (A)Setelah muncul isi data 3½ floppy (A), Anda klik kanan data yang ingin disalin.Klik copy.Klik folder yang ingin ditempati hasil salinan data, misalnya di My Documents.Klik kanan My Documents, kemudian klik Paste.
  • 12. 2. Mengenal Jenis FileJenis file yang digunakan dalam komputer ada beberapa macam antara lain jenis file gambar, suara, data teks, data penghitungan, lagu, vide, dan lain sebagainya. Beberapa contoh dari jenis file tersebut antara lain :File config.sys. file ini berisi instruksi-instruksi yang dipakai untuk menyesuaikan cara kerja sistem komputer.File AFM, file ini berisi berbagai macam jenis huruf yang biasa disebut font. Kepanjangan dari AFM adalah Adobe Font Mertics.File.Com merupakan file yang relatif kecil dibandingkan dengan file.EXE. sebagai contoh, file command.com bertindak sebagai pemroses perintah DOS.File autoexec.bat kepanjangan automatically executed batch, berfungsi untuk menyiapkan sistem, menyesuaikan kebutuhan software dan periferial, mengatur tampilan DOS, menentukan spesifikasi, memberitahukan DOS tentang direktori yang harus dicari saat mencari program yang akan dijalankan, menyusun port serial, memanggil driver mouse, memulai utility dan program memori resident yang diakses komputer secara bergantian setiap kali komputer aktif atau mengaktifkan ulang komputer.

// Copyright © CAH PONOROGO //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //